Jumat, 30 Oktober 2020

Mesin Slot BigQuery



Websitebola - Slot BigQuery adalah CPU virtual yang digunakan oleh BigQuery untuk menjalankan kueri SQL. BigQuery secara otomatis menghitung berapa banyak slot online yang dibutuhkan oleh setiap kueri, bergantung pada ukuran dan kompleksitas kueri.

Anda memiliki pilihan untuk menggunakan model penetapan harga sesuai permintaan atau model penetapan harga tarif tetap. Keduanya menggunakan slot untuk pemrosesan data. Model tarif tetap memberi Anda kontrol eksplisit atas slot dan kapasitas analitik, sedangkan model sesuai permintaan tidak.

Pelanggan dengan model harga tarif tetap secara eksplisit memilih berapa banyak slot yang akan dipesan. Kueri Anda berjalan dalam kapasitas itu, dan Anda membayar kapasitas itu terus menerus setiap detiknya diterapkan. Misalnya, jika Anda membeli 2.000 slot BigQuery, kueri Anda secara agregat dibatasi untuk menggunakan 2.000 CPU virtual pada waktu tertentu. Anda akan memiliki kapasitas ini sampai Anda menghapusnya, dan Anda akan membayar untuk 2.000 slot sampai Anda menghapusnya.

Proyek pada model penetapan harga sesuai permintaan BigQuery tunduk pada kuota slot per proyek dengan kemampuan burst transien. Sebagian besar pengguna pada model on-demand menemukan kapasitas slot default lebih dari cukup. Bergantung pada beban kerja, akses ke lebih banyak slot meningkatkan kinerja kueri. Untuk memeriksa berapa banyak slot yang digunakan akun Anda, lihat BigQuery Monitoring

Eksekusi Kueri Menggunakan Slot

Saat menjalankan tugas kueri, BigQuery mengubah pernyataan SQL deklaratif menjadi grafik eksekusi, yang dipecah menjadi serangkaian tahapan kueri, yang terdiri dari kumpulan langkah-langkah eksekusi yang lebih terperinci.

BigQuery memanfaatkan arsitektur paralel yang sangat terdistribusi untuk menjalankan kueri ini, dan tahapan tersebut memodelkan unit kerja yang dapat dijalankan oleh banyak calon pekerja secara paralel. Tahapan berkomunikasi satu sama lain dengan menggunakan arsitektur shuffle terdistribusi cepat, yang telah dibahas lebih detail di tempat lain.

Eksekusi kueri BigQuery bersifat dinamis, yang berarti rencana kueri dapat diubah saat kueri sedang dijalankan. Tahapan yang diperkenalkan saat kueri sedang berjalan sering digunakan untuk meningkatkan distribusi data di seluruh pekerja kueri.

BigQuery dapat menjalankan beberapa tahapan secara bersamaan. BigQuery dapat memanfaatkan eksekusi spekulatif untuk mempercepat kueri, dan BigQuery dapat secara dinamis mempartisi ulang tahapan untuk mencapai paralelisasi yang optimal.

Slot BigQuery menjalankan unit kerja individual di setiap tahap kueri. Misalnya, jika BigQuery menentukan bahwa faktor paralelisasi optimal suatu tahapan adalah 10, BigQuery akan meminta 10 slot untuk memproses tahapan tersebut.

Eksekusi Kueri di Bawah Ekonomi Sumber Daya Slot

Jika kueri meminta lebih banyak slot daripada yang tersedia saat ini, BigQuery mengantrekan unit kerja individual dan menunggu slot tersedia. Saat kemajuan maju pada eksekusi kueri dibuat, dan saat slot kosong, unit kerja yang antri ini diambil secara dinamis untuk dieksekusi.

BigQuery dapat meminta sejumlah slot untuk tahap kueri tertentu. Jumlah slot yang diminta tidak terkait dengan jumlah kapasitas yang Anda beli, melainkan indikasi faktor paralelisasi paling optimal yang dipilih oleh BigQuery untuk tahap tersebut. Unit pekerjaan mengantri dan dieksekusi saat slot tersedia.

Jika permintaan kueri melebihi slot yang Anda janjikan, Anda tidak akan dikenakan biaya untuk slot tambahan, dan Anda tidak dikenai biaya untuk tarif sesuai permintaan tambahan. Unit kerja individu Anda cukup mengantri.

Sebagai contoh,

Tahap kueri meminta 2.000 slot, tetapi hanya 1.000 yang tersedia. BigQuery menggunakan 1.000 slot dan mengantrekan 1.000 slot lainnya.

Setelah itu, jika 100 slot menyelesaikan pekerjaannya, mereka secara dinamis mengambil 100 unit pekerjaan dari 1.000 unit pekerjaan yang antri. 900 unit antrian pekerjaan akan tetap ada.

Setelah itu, jika 500 slot menyelesaikan pekerjaan mereka, mereka secara dinamis mengambil 500 unit pekerjaan dari 900 unit pekerjaan yang antri. 400 unit pekerjaan antrian akan tetap ada.
Dan seterusnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar